Senin, 14 Desember 2009

silsilah R. Cokrodjojo alias Cokronegoro ( bupati 1 purworejo ) dan nyai tumenggung hasan munadi bin tumenggung Dipodirdjo 1

oleh R. Ananda basaiban
SILSILAH RADEN TUMENGGUNG DIPODIRJO I



I


1.PRABU NUNDING PAMEKAS PAJAJARAN peputra :
1. Haryo Banagah Bethoro Loano
2. Adipati Anden 1 Loano
3. Pangeran Anden 2 Loano
4. Kyai Gusti Tanggung
5. Kyai Godeg
6. Kyai Lebe
7. Kanjeng Pangeran Haryo Singosari
8. Kyai Wayah
9. Kyai Kyai Tumenggung Gagak Pranolo
10. Kanjeng Pangeran Teposono R. Ngabei Jayengkewuh
11. Kyai Tumenggung Gagak Pranolo 2
12. Kyai tumenggung Gagak Pranolo 3
13. R. Demang Surodrono
14. R. Tumenggung Dipodirjo Patih Purworejo ( makam wonten ing Tanggung )

2.NYAI NGABEI SINGOWIJOYO peputra :
1.Raden Adipati Arya Cokronegoro I
2.Nyai Ayu Secowikromo
3.Raden Tumenggung ( Wedono Jenar )

3.KYAI PANGERAN HARYOKUSUMOYUDO ( SURAKARTA )



II



Raden Tumenggung Dipodirjo I bin Prabu Nunding Pamekas Pajajaran peputra :
1.R. Ngabei Dipodirjo II Wedono Loano ( Mencil Loano )
2.R. Ngt. Mangun Joyo
3.R. Ngt. Rofingi ( Nyai Guru Luning )
4.R. Ngt. Tumenggung Chasan Munadi ( Tanggung Purworejo )
5.R. Ngt. Kertopati Patih Kutoarjo ( Mencil )
6.R. Ngabei Ronggo Kromotirto Patih Wonosobo ( Ketinggiring Wonosobo )
7.Kyai R. Haji Unus Muh. Irsyad

III


1.R. Dipodirjo 2 Loano
2.R. Ngabei Mangun Joyo
3.R. Ngt. Rofingi ( Nyai Guru Luning ) kaliyan garwa I peputra :
1.R. Ngabei Yusack Al hafidz
2.R. Palil
Kaliyan Garwa Kyai Guru Luning peputra :
1.R. Ngt. Zein
2.R. Ngt. Istad
3.R. Mahmud
4.R. Saleh

4. R. Tumenggung Kasan Munadi peputra :
1. R. Sayid Ali( Baabud Bulus Purworejo )
2. R. Sripah / Moh. NgalimBulus Basaiban ( garwa terakhir )
3. R. Ngt. Yusuf
4. R. Ngt. Buh
5. R. Japar

5. R. Ngt. Kertopati Patih Kutoarjo peputra :
1. R. Kertowijoyo
2. R. Ngt. Kertodirjo
3. R. Ngt. Cokrowilogo
4. R. Ngt. Sayid Ali
5. R. Ngt. Cokromangunjoyo
6. R. Ngt. Jayadi
7. R. Cokrodiatmojo
8. R. Ngt. Pringgodijoyo
9. R. Reksosaputro
10. Dr. R. Suwardjo

6. R. Ngabei Ronggo Kromotirto Wonosobo peputra :
Kaliyan Garwa I :
1.R. Ngt. H. Chasanusi
2.R. Ngabei Tirtodrono
3.R. Ngt. Cokrodiatmojo
4.R. Tirtoatmojo
Kaliyan Garwa II :
1.R. Ngt. Nitipuro
Kaliyan Garwa III :
1.R. Ayu Kromodipuro ( Nyai Cokronegoro )
Kaliyan Garwa IV :
1.R. Tirtodiharjo
2.R. Ayu Dhikusumo
3.R. Tirtorejo
4.R. Akin

7. KH. R. Unus Irsyad Pengulu Loano ( makam Solotiyang Loano ) peputra :
Kaliyan Garwa I :
1.RH. Abdurrahmat
2.R. Sanusi
3.R. Ngt. Mustopo I
4.R. Cokrorejo
5.R. Dolah Sirat
6.R. Dolah Sindi
7.R. Ngt. Mustopo II
8.R. Mustakim
9.R. Ngt. Abdurrahman
10.RH. Kasbullah
11.R. Sudir
12.R. Bakri
Kaliyan Garwa II :
1.R. Busro
Kaliyan Garwa III ( Kaliwatu ) :
1.R. Ngt. Japar
2.R. Ngt. Dolah Mahlan
Kaliyan Garwa IV ( Bener ) :
1.R. Ngt. Toyib
2.R. Dulah Surur
3.R. Ngt. Dul Majid
4.R. Ngt. Saleh
5.R. Ngt. Jalal
6.R. Ngt. Taksis
7.R. Ngt. Karman
8.R. Imri
Kaliyan Garwa V ( Mbah Ginah ) :
1.R. Katim
2.R. Katam
















IV


1.RH. Abdurrahmat bin KH. R. Unus Muh Irsyad bin Dipodirjo I peputra :
1.R. Abdul Sajad
2.R. Ngt. Sayid Alwi
3.R. Ngt. Sirat I
4.R. Ngt. Moh Sirat
5.R. Ngt. Sirat II
6.R. Buchari
7.R. Ngt. Sirat III peputra :
1.R. Ngt. Zaenudin
2.R. Ngt. Muhyidin
3.R. Ngt. Busro
4.R. Ngt. Fatkhurrohman
5.R. Ngt. Umi Salamah
6.R. Abdurrahman
8.R. Maksum
9.R. Surotomo

2.Sanusi peputra :
1.R. Deres Tirto Sanjoyo
2.R. Abdul Kromo Sanjoyo
3.R. Daliyun Tirtowiharjo
4.R. Ngt. Surotomo

3.R. Ngt. Mustopo I peputra :
1.R. Saleh

4.R. Cokrorejo peputra :
1.R. Jiteng
2.R. Suwadi
3.R. Ngt. H. Mukmin
4.R. Padi
5.R. Dayat

5. Dulah Sirat peputra :
1. R. Ismail
2. R. Abu
3. R. Ngt. Tas
4. R. Chamim
5. R. Ngt. Kawaliyah
6. R. Nguhodo
7. R. Ngt. Muslihati
8. R. Ngt. Robek
9. R. Ngt. Marwiyah



6. Dulah Sindi peputra :
1. R. Mahfud
2. R. Ngt. Abdul Mukti I
3. R. Ngt. Abdul Mukti II
4. R. Dal
5. R. Muh. Saleh
6. R. Muh. Ghozali
7. R. Ngt. Nah
8. R. Ngt. H. Chalimi
7. R. Ngt. Mustopo II peputra :
1. R. Mukmin
2. R. Jamjani
3. R. Ngt. Yosi
4. R. Ngt. Hanah
5. R. Dul Mukti
6. R. Banu
7. R. Ngt. Kragan
8. R. Mustakim peputra :
9. R. Abdurrahman peputra :
1. R. Abdul Chamid
2. R. Ngt. Sampah
10. R. H. Kasbullah peputra :
1. R. Ngt. Rahmat Syarif Hasan
2. R. Ngt. Suwadi
3. R. Mardas
4. R. Cokrosudirjo
5. R. Sulaiman
6. R. Ngabei Ciptosukarjo
7. R. Saroni
11. R Sudir peputra :
1. R. Rahmat Unus
12. R. Bakri peputra :
1. R. Sangadi
2. R. Ngt. Siti Asyiah
13. R. Busro peputra :
14. R. Ngt. Japar peputra :
1. R. Ngt. Djamdjani
2. R. Bahrun
3. R. Cholil
4. R. Djadin
5. R. Yasin
6. R. Ngt. Lurah Mulisari
7. R. Ngt. Munir
8. R. Ngt. Ngali


15. R. Ngt. Dulah Mahlan peputra :
1. R. Iman
2. R. Ngt. Sopiah
3. R. Ngt. Fatonah
4. R. Ngt. Musoharotun
5. RM. Muhammadi
6. R. Ngt. Mahmudah
7. R. Ngt. Istifaiyah
16. R. Ngt. Toyib peputra :
1. RH. Munir
2. R. Ngt. Namirah
3. R. Ngt. H. Mukmin
4. R. Ngt. Sapari
5. R. Ngabei Rahmat
6. R. Ngt. Piyah
7. R. Alwi
8. R. Ngt. Jenap
17. R. Dulah Surur peputra :
1. R. Romli
2. R. Abu Bakar
18. R. Ngt. Dul Majid peputra :
1. R. Ghojali
2. R. Ngt. Sayid Ibrahim
3. R. Toha
4. R. Ngt. Hindun
5. R. Dakili
19. R. Ngt. Saleh peputra :
1. R. Rusdi
2. R. Ngt. Umar
3. R. Muchasi
4. R. Nawawi
5. R. Ngt. Ti
6. R. Ngt. Badiyah
7. R. Baikuni
20. R. Ngt. Jalal peputra :
1. R. Idrus
2. R. Ngt. Ismail
3. R. Chotib
4. R. Ngt. Muhdi
5. R. Ngt. Maryam
6. R. Abu Talkhah
7. R. Ngt. Lah
8. R. Ngt. Vatlun
9. R. Ngt. Muh. Romli


21. R. Ngt. Taksis peputra :
1. R. Ngt. Markun I
2. R. Ngt. Markun II
3. R. Rais
22. R. Ngt. Karman peputra :
1. R. Ngt. Dahuhadi Sutirto
2. R. Ngt. Daman
3. R. Nur
4. R. Ngt. Umi
5. R. Ngt. Kodar
23. R. Imri peputra :
1. R. Ngt. Duroniah
2. R. Baliyo
3. R. Komar
4. R. Ngt. Siri
5. R. Abu Dardak
6. R. Wahyuyun
7. R. Yunus
24. R. Katim peputra :
25. R. Katam peputra :
1. R. Dulah
2. R. Imam Muhammad
3. R. Zaeni Dahlan
4. R. Ngt. Asyiah



catatan ;
R. Ngt adalah singkatan dari raden nganten, julukan putri bangsawan yang telah menikah. Jika belum menikah masih ditulis RA. ( raden ayu ) atau RR. ( raden rara ).

Silsilah nasab diturun oleh R. Ananda Basaiban dari pustaka darah 1956

26 Komentar:

Pada 21 Januari 2010 01.35 , Blogger Nucleusnebuchadnezzar mengatakan...

sugeng pangestu,kakek saya percaya bila msh keturunan daripada tumenggung gagak pranolo.mohon petunjuk mengingat kakek saya makamnya ada di Kebumen,yakni;eyang asnawi.didesa saya jg ada makamnya adipati anden.saya tinggal di desa jogomertan utara masjid Ky.Achmad Durjani Jogomertan kecamatan Petanahan Kebumen.telphon 0287 6666557.atau 085878393772.maturnuwun ,sungkem kulo Muhamad Iksan

 
Pada 15 Februari 2010 05.29 , Blogger raffie ananda mengatakan...

isyaallah jika saya ada datanya , saya segera hubungi panjenengan.panjenengan punya silsilah keluarga kakek tidak. buat merunut nasab

 
Pada 6 April 2010 20.29 , Blogger Kumalasari ratih mengatakan...

kalau panjenengan punya data silsilah tentang eyang mustahal saya pengen minta dan saya mau menanyakan apakah beliau di makamkan d Makam Dawuhan Banyumas??
Terimakasih...

 
Pada 19 Mei 2010 01.36 , Blogger raffie ananda mengatakan...

eyang mustahal itu siapa? asal dan riwayatnya gimana mbak..sapa tahu saya bisa bantu mencarikan, ato kalo pas kebetulan menemukan riwayat kan bisa dirunut silsilahnya.trimakasih
coba anda tanya dan cari info dulu ke keluarga anda, sapa tahu saya bisa bantu

 
Pada 19 Mei 2010 01.55 , Blogger raffie ananda mengatakan...

kayaknya sapa pernah baca eyang mustahal..tapi entah mustahal eyang anda ato bukan.eyang anda dari mana asalnya?riwayat singkatnya gimana..anda bisa add FB saya ravieananda@yahoo.com agar komunikasi lebih mudah.bloger kan jarang dibuka.makasih

 
Pada 21 Juni 2010 19.40 , Blogger management mengatakan...

Saya, Agus Wibowo, cicit dari R. Toyib putra dari KH. R. Unus Irsyad Pengulu Loano dari Gawra IV. Saya tidak tahu nama garwa ke-IV.
Adapun makam K.H.R. Toyib di desa Botoputih, Kec. Tembarak, Kab. Temanggung.
Setiap tahun (Sya'ban) saya selalu ziarah di makam Nenek R.Ngt. Musrini Toyib di desa Mencil yang dipandu oleh juru makam Kyai Mundhirin.
Mohon informasi lebih lanjut, jika update.

 
Pada 24 Agustus 2010 00.33 , Blogger raffie ananda mengatakan...

trims mas agus, semoga keluarga besar tumenggung dipodirjo kembali terkumpul. amin

 
Pada 27 Februari 2011 20.24 , Blogger sari mengatakan...

as salam.. saya yusari dari Malaysia ingin bertanya dan mencari salasilah keluarga.. apakah ada nama Raden Kesumo Singonegoro di Jawa Tengah atau Timur dalam tahun 1800-an.. mohon bantuan saudara di sana (T.Jawa).. sekian.

 
Pada 3 Mei 2011 02.53 , Blogger raffie ananda mengatakan...

wass.wr wb..kalo boleh tau r.kesumonegoro itu menurut riwayat dari yogya karta ato surakarta makasih.trah mana

 
Pada 30 Juli 2011 23.22 , Blogger Boedi S mengatakan...

Ass.Wr.Wbr.
Mohon penjelasannya apakah Tumenggung Hasan Munadi yang dimaksud adalah yang makamnya di sekaran gede purworedjo, putra dari sayid alwi baabud dan beristri BRAy. Samparwadi putri HB II? kalau benar mohon dibantu untuk data silsilahnya, karena ada perbedaan dengan yang ada di keluarga saya.
Wass. Boedi

 
Pada 14 Oktober 2011 06.14 , Blogger M. Anwar Salafudin mengatakan...

tolong carikan silsilah kyai guru sulaiman singo negoro, makamnya di pegandon kendal, dulu beliau dari jogyakarta

 
Pada 19 Oktober 2011 19.01 , Blogger humam mengatakan...

yang mau mencari anggota keluarga yang tercecer hingga suriname monggo buka www.gahetna.nl. pada kolom pencarian tulis nama orang yang anda cari atau nama desa asal org tsb

 
Pada 31 Oktober 2011 02.25 , Blogger Akasyah mengatakan...

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

 
Pada 31 Oktober 2011 02.33 , Blogger Akasyah mengatakan...

Ass.Wr.Wb.
Saya memiliki catatan silsilah keluarga, hanya saya masih merasa belum yakin atas kebenaran dari catatan tersebut sepertinya ada yang kelewatan atau salah tulis didalam nama, mohon sekiranya kangmas Raffie ananda mengetahui dan berkenan untuk bisa mengoreksinya, sbb saya tuliskan persis apa adanya:

Silsilahing Pajang:
• Kanjeng Susuhunan Prabu Wijaya
1.Kanjeng Pangeran Hemas (Adipati Pajang)
2.Kanjeng Pangeran Gagak Pranolo
3.R. Harjo Dandang Watjono
4.R. Bau Rekso
5.R. Tumenggung Djojo Wirjo I
6.R. Djojo Wirjo II
7.R. Kyai Wirjo Widjojo
8.R. Kyai Kasan Redjo
9.R. Kyai Wirjo Dikromo
10.R. Moelio Sudarmo
11.R. Martomo

Apakah Kanjeng Gagak Pranolo yang kangmas Raffie tulis adalah sama dengan Kanjeng Gagak Pranolo yang ada pada silsilah terebut diatas?
dan apakah sekiranya silsilah tersebut diatas sudah benar??
mohon apabila Kangmas mengetahui, atau mungkin ada para pembaca lain yang mengetahui, saya memohon keikhlasannya atas informasi kebenarannya.

: R. Martomo adalah Alm.Ayah saya, yang lahir di Purworejo 06 Apr 1926.

Maturnuwun.
Wass.wr.wb.

 
Pada 26 April 2012 00.58 , OpenID puyuhjaya mengatakan...

Wah, menarik sekali postingan ini. Generasi seangkatan saya sudah tidak paham alur seperti ini. Katanya dulu ada buku silsilah. Mungkin hilang atau entah kemana, informasinya begitu. Saya cicit laki2 dari mbah dolah sindi. Matur nuwun. Semoga berkah.

 
Pada 13 Juli 2012 01.05 , Blogger Rosa mengatakan...

Assalamualaikum, Mas Raffie Ananda mohon penjelasannya tersebut nama R.Palil,sepanjang penelusuran kami ada yang Pasareyannya di Gintungan dekat dengan Pasareyannya R.Tumenggung Wiraguna dan yang satunya lagi kami temukan di makam Dongdowo yg relatif dekat Makam Kyai Imam Puro dan yg persis dipintu masuk cungkup adalah makamnya R.Singodrono yg menurunkan trah Dongdawa dan Baledono , yang dimaksud dg R.Palil adalah yang dimana, apakah ada tempat makam lain selain kedua tsb .Mohon maaf apabila terdapat hal2 yang kurang berkenan.
Dari al fakir H.Rochid Supangat bin Achmad Said

 
Pada 20 Agustus 2012 05.40 , Blogger Alfahabie mengatakan...

assalamu'alaiku wr wb
saya dari jember. ketika menelusuri silsilah saya yang saya temukan buyut saya dari purwokerto. dengan nama mbah hasan benawi kalo dalam postingan anda mempunyai nama lain kyai imam puro. yang ingin saya tanyakan apa anda punya silsilah dari mbah hasan benawi. kalo catatan yang saya dapat mbah hasan punya putera 6 yaitu :
nyahi Gati
kyai madroji
nyahi Asma nom (ngabdussalam)
kyahi nur nyamanawi ( tulisannya)
nyahi Ali Mamad ( adalah ayah Kakek saya)
nyahi Marjanom
dari catatan itu nama2 yang saya peroleh entah itu nama julukan/asli saya tidak tahu. jika punya informasi tolong jenengan kabari saya terimakasih
wassalam

 
Pada 23 Desember 2012 10.21 , Blogger Ahmad Sutario mengatakan...

eyang kami berasal dari purworejo yang bernama raden sutario dan mempunyai seorang adik yang bernama raden rara kadarwati, sampai saat ini kami tidak mengetahui sisilahnya, tapi menurut ceritanya adik eyang kami itu seorang guru pada zaman belanda dan memiliki sebuah pesantren, mohon bantuannya. (nomor HP : 085296353672 atas nama ahmad budianto)

 
Pada 7 Januari 2013 00.44 , Blogger one rose mengatakan...

matur nuwun mas raffi yg telah membuat blog ini sehingga banyak sodara2 kita yg mgk dgn blog ini bs bertemu kembali.Perkenalkan saya iwan asal solo tp skr tinggal ditangerang selatan.saya pernah lihat dan baca bahwa gagak pranolo 1,2,3 msh keturunan dari Susuhunan prabu Amangkurat Agung dan berputra GPH singasari...R gagak pranolo..... jd klo menurut saya bahwa R gagak pranolo msh keturunan terakhir dinasti Mataram.
Klo mas raaffi butuh datanya saya ada,matur nuwun

 
Pada 16 April 2013 06.37 , Blogger febrina mengatakan...

Saya jg mau tanya, untuk sejarah 5 trah gagak (gagak handoko, gagak pranolo, gagak prayugo, gagak seto, gagak wilogo).. Berarti gagak pranolo adik kakak dgn dengan gagak handoko, gagak prayugo, gagak seto dan gagak wilogo ya ? Kebetulan saya keturunan dr gagak wilogo

 
Pada 7 Juni 2013 16.52 , Blogger Aditama prasetyo Chaq mengatakan...

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

 
Pada 7 Juni 2013 17.00 , Blogger Aditama prasetyo Chaq mengatakan...

Assalamu'alaikum Wr. Wr.
1. Saya Mempunyai silsilah keluarga Mulai dari RADEN TUMENGGUNG DIPODIRJO I, memang di silsilah juga ada asal mula anak turun siapa RADEN TUMENGGUNG DIPODIRJO I. di blog panjenengan sepertinya silsilah mulai RADEN TUMENGGUNG DIPODIRJO I kurang lengkap. yang saya tanyakan " SIAPA iSTRI R. Ngabei Dipodirjo II Wedono Loano ( Mencil Loano )?" Karena almarhum kakek saya anak dari R. Ngabei Dipodirjo II Wedono Loano ( Mencil Loano ). karena rasa keingintahuan saya, dari mana nasab istri R. Ngabei Dipodirjo II Wedono Loano ( Mencil Loano )?
mungkin panjenengan dengan saya bisa bertukar informasi, karena silsilah yang saya miliki, didapat dari saudara di wonosobo berupa kertas fotocopy ukuran A0. kakek saya bernama Muhammad Abunawas.
2. Ayah saya juga mempunyai nasab dari keluarga di Madura yang mana sampai sekarang masih tidak saya ketahui silsilahnya. jadi tolong bantuannya untuk melengkapi silsilah keluarga yang saya miliki.... terima kasih
email saya apchaq_nialfat@yahoo.co.id

 
Pada 3 November 2013 13.46 , Blogger erik tri septiadi mengatakan...

saya keturunan dari gagak handoko, saya tinggal di wonosobo, mohon kalo ada silsilah detilnya bisa hubungi saya di 081391585222 atau email ke erix4art@gmail.com

 
Pada 8 Desember 2013 07.08 , Blogger Heri Gunawan mengatakan...

Jika saya dari kemiri purworejo,apa sih yg dimaksud dgn panggilan Raden Mas Nganten itu,soalnya saya sendiri dipanggilnya Raden Mas Nganten oleh orang2 tertentu. Hub.fb saya nurfauzi88@yahoo.co.id
Terima kasih

 
Pada 5 Januari 2014 15.51 , Blogger blog elek mengatakan...

saya nasab laki laki dai mbah Yunus Muh. Irsyad > Abdullah SIndi > R. Saleh > R M. Yusuf I > saya
saya tinggal di kota purworejo, dulunya di magelang,

 
Pada 3 April 2014 06.44 , Blogger David Chandra Harwindo mengatakan...

Assalamualikum wr wb....
Saya David Chandra Harwindo bin Johar Sehat bin Gono Darmo Wasito bin Purnowijiyo klo gak salah smp disitu gbtahu lagi..
Saya tinggal di Jambi, sudah lama saya mencoba mencari silsilah/nasb dari sebelah bapak saya yg ktnya dari Solo atau Jateng...
Saya dl wkt kecil perna dengar cerita dari almarhum ab saya lewat almarhum om saya ktnya nama kami sdh dimasukan ke daftar silsilah di Solo. Dan sekarang saya dapat info lg ttg kyai Jeyengkewuh itu buyut saya...Jadi mohon info klo ada yg tau, saya mau mencoba menjalin silaturahmi dgn keluarga lagi..
Terima kasih..
Sukron jazakallah khair jaza..

 

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda