Senin, 11 Mei 2009

Riwayat Singkat Syekh Muhammad Kahfi Tsani Somalangu Kebumen

Kebumen, Selasa Kliwon 12 Mei 2009

Syekh Muhammad kahfi Tsani adalah pendiri ponpes Somalangu Kebumen periode ke 2, setelah sebelumnya pernah berdiri pondok Somalangu Kuno yang didirikan oleh Syekh Muhammad Kahfi Awal pada masa pemerintahan Panembahan Senopati ( raja pertama Mataram Islam ) yang sepeninggal Beliau kemudian hilang dimakan zaman seiring dengan tidak adanya regenerasi pada waktu itu ( Fatroh ) dan juga karena bentuk bangunan yang masih sangat sederhana.

Syekh Muh. Kahfi Tsani adalah salah seorang putra dari Kyai Marwan "Ali Menawi " bin Zaenal Abidin Banjursari Buluspesantren bin Syekh Yusuf Buluspesantren bin Djawahir bin Muhtarom bin Syekh Muhammad Kahfi Awal.

Sejak kecil, Muh. Kahfi dititipkan oleh ayahnya di pondok milik Sayyid Taslim Tirip Purworejo bin Tolabudin bin Sayyid Muh. Alim Basaiban Bulus Purworejo. Di sana Muh . Kahfi dididik berbagai ilmu tentang Islam. Karena sejak kecil sudah di asuh oleh Sayyid Taslim, maka tidak heran jika Beliau juga sudah dianggap seperti anaknya sendiri, sehingga pada waktu khitan pun, keluarga Sayyid Taslim lah yang mengkhitan Beliau. Setelah dewasa, Sayyid Taslim melarang Muh. Kahfi untuk tetap bermukim di Tirip, sebab menurut Beliau, bukan di Tirip lah seharusnya Muh. Kahfi hidup karena Sayyid Taslim yakin bahwa kelak Muh. Kahfi akan menjadi seorang ulama besar di daerah asalnya seperti Leluhurnya dahulu.

Selanjutnya Sayyid Taslim mengantar Muh. Kahfi pulang ke Kebumen, akan tetapi bukan diantar pulang ke Banjursari ( tempat orangtuanya ) melainkan ke desa Somalangu. Sesampainya di desa Somalangu, Sayyid Taslim memberitahukan kepada Muh. Kahfi bahwa didesa inilah dahulu pendahulunya ( Syekh Kahfi Awal ) bermukim dan mendirikan Pondok. Sayyid Taslim juga memberitahukan bekas Pondok Syekh Kahfi Awal yang pada waktu itu sudah tinggal pondasinya saja. Lokasi tersebut saat itu barada di atas tanah yang telah menjadi milik salah seorang penduduk setempat. Tanah tersebut kemudian dibeli oleh Sayyid Taslim dari pemilik waktu itu dan memberikannya kepada murid kesayangan Beliau yang sudah seperti putranya sendiri itu dan berpesan agar Muh. Kahfi bermukim ditempat itu dan membangun kembali pondok untuk meneruskan syiar Islam pendahulunya. Sejak itulah pondok Somalangu baru ( periode ke 2 ) berdiri. Untuk membedakan maka kemudian ditambahlah nama "Awal " di belakang Muh. Kahfi pendiri pondok pertama dan nama " Tsani " di belakang Muh. Kahfi pendiri pondok ke 2. ( riwayat ditulis dari KH. Nawawi Abu Hisyam Adikarso / Gus Wawi Kebumen sebagai keturunan dari Kyai Sayydi Taslim basayban Tirip ).

berikut adalah catatan Nasab bani Zaenal Abidin Banjursari Buluspesantren Kebumen


SILSILAH / NASAB ZAENAL ABIDIN BANJURSARI BULUSPESANTREN

Kahfi Awal berputra ;

Muhtarom berputra ;

Jawahir berputra ;

Syekh Yusuf berputra ;
Zaenal Abidin menurunkan :
1. Syeh Marwan Ali Menawi
2. Djawahir
3. Abdurrouf / Nyai Abdurrouf
4. Zaenal Muhammad / Nyai Zaenal Muhammad
5. Zaenal Muharram


Syeh Marwan Ali Menawi menurunkan ;
1. Nyai Tohir
2. Nyai Ali Imran
3. Muh. Syuhada
4. Nyai Samenawi
5. Muh. Kahfi Tsani
6. Abdulmanan
7. Nyai Haji Abbas
8. Nyai Ali Muharrom
9. Abdul Mu'id
10. Abdul Muhtar

Djawahir menurunkan ;
1. Ali mustafa
2. Nyai Basar kahfi
3. Ali Muntaha
4. Nyai Sanmustafa
5. Nyai Ramadipura
6. Nyai Nawawi
7. Marjuned
8. Nyai Madmurdja
9. Badaruddin
10. Nyai Satirah
11. Dullah Anwar

Abdurrouf / Nyai Abdurrouf menurunkan ;
1. Taslim
2. Nyai haji Bakri
3. Akram

Zaenal Muhammad / Nyai Zaenal Muhammad menurunkan ;
1. Madmardja
2. Sanpawiro ( Marwoto )
3. Tirtamanad
4. Nyai Pingi
5. Nyai Salamah
6. Mardinah

Zaenal Muharram menurunkan ;
1. Muh. Abror
2. Achmad
3. Abd. Umar
4. Nyai Ragil / Nyai Badarudin
5. Zaenal Abidin
6. Dawud
7. Nyai Haji Mukmin

Muh. Kahfi Tsani menurunkan
1. Nyai Abdurrohman
2. Nyai Sirad
3. Nyai Damanhuri
4. Nyai Abdul Mahmud
5. Nyai Sadeli
6. Nyai Ramli
7. Kyai Mukti

AbdulManan menurunkan ;
1. Mahful ( istri pertama )
2. Mabrur ( Istri pertama )
3. Mangsur ( istri pertama )
4. Makmur ( istri kedua )
5. Mabruroh ( istri kedua )
6. Masfur ( istri ketiga )
7. Madzfur ( istri ketiga )
8. Wilayah ( istri ketiga )
9. Masfuroh

Muh. Syuhada menurunkan ;
1. Nyai Asfia
2. Nyai Taslim
3. Abdullah Mahmud
4. Nyai sadikin
5. Nyai Zaenal Abidin
6. Muh. Chotim

Ali Mustafa menurunkan ;
1. Sastra
2. H. Muhson
3. Imam Pura
4. Sarbini
5. Dalail
6. Munirah
7. Nyai Madmarja

Ali Muntaha menurunkan ;
1. Muhsin
2. Muhson
3. Muhsonah
4. Munsarip
5. Munisah
6. Mutnginah

Nyai Nawawi menurunkan ;
1. Nyai Carik jetis
2. Nyai Ahmad
3. Nyai Badriyah
4. Haji Masyhud
5. Nyai Trafas
6. Maklum

Badaruddin menurunkan ;
1. Nyai Ali Tsani kauman
2. Makmun
3. Nyai Maklum

Mardinah menurunkan ;
1. Somamihardja
2. Martadidjojo
3. Nyai Wongsowidjojo

Abdullah Umar menurunkan ;
1. Mutingah ( istri pertama )
2. Aminah ( istri pertama )
3. Basyir ( istri kedua )
4. Thubaniyah ( istri kedua )
5. Salim ( Istri kedua )
6. Sufar ( istri kedua )

Zaenal Abidin menurunkan ;
1. malichah
2. Nasichah
3. Achmad Moetawalli

Nyai Abdurrohman / H. Abdurrohman menurunkan ;
1. Mahfud
2. Thoifur
3. Nyai Ghonimah
4. Haji Nursodik

Nyai Sirad menurunkan ;
1. Mahful
2. Bakri
3. Rohmah / zawawi menurunkan ;
1. Ghofir
4. Shofiah / zawawi menurunkan ;
1. Ngasit

Nyai Sadeli menurunkan ;
1. Zaenal
2. Syamsuri

Makmun menurunkan ;
1. Honimah, menurunkan ;
1. Sayyid R. Muhammad Raffie Ananda / Tuti Khusniati Al Maki
2. RA. Aila Rezannia


bagi nasab Zaenal Abidin yang belum tercatat bisa menghubungi Ravie Ananda di email ravieananda@yahoo.com atau
datang langsung di kediaman penulis di Jalan Garuda 13 Kebumen Jateng dan bagi pembaca yang ingin mengetahui riwayat lebih detail bisa bersilaturahmi kepada Gus Nawawi Abu Hisyam Adikarso.

Ngumpulake balung Pisah, memayu hayuning diri, keluarga, nungsa lan bangsa tanah Dhawa PANCASILA RI.


wassalam


15 Komentar:

Pada 2 Juni 2009 07.56 , Blogger Ibnu Muhammad mengatakan...

Assalamu'alaikum
Dalam ilmu nasab, apalagi dikalangan ahlibait itu pasti dikenal naqibul qabilah atau naqib nasal. Anda jangan seenaknya sendiri bung, narik2 nasab. La'anallah manintasaba ila ghairi abihi. Syeikh Abdul Kahfi Tsani namanya Sayid Ibrahim Al-Hasani bukan seperti yang anda tulis. Sayid Muhammad Al-Marwah puteranya hanya 5 bukan 10. Celaka anda ngorak - arik nasab Somalangu jika sengaja. Tanyakan dulu pada naqibnya. Jangan asal tulis.

 
Pada 8 Juni 2009 21.20 , Blogger raffie ananda mengatakan...

waalaikumsalam wrwb. Maaf mas Ibnu.. tujuan saya hanya menulis silsilah yang sudah ada secara turun temurun dari para pendahulu yang kebetulan dari bani Zaenal abidin banjursari yang keturunannya di kebumen yang kebanyakan juga di kauman kebumen catatan tersebut masih ada. cerita tentang muh, Kahfi tsani memang seperti itu adanya yang saya dengar dari ulama sepuh kebumen seperti Gus Wawi adikarso yang merupakan keturunan dari Sayyid TAslim. sehingga dulu waktu jaman Kyai Abu hasan adikarso ( ayah gus Wawi ) masih sugeng, hubungan antara somalangu dan Adikarso sangat baik. coba anda sekali2 silaturahmi pada beliau..siapa tahu mendapat penjelasan yang bisa menambah wawasan kita. Silsilah Zaenal Abidin Banjursari juga bisa anda dapatkan di keturunan yang ada di Kauman kebumen misal Alm. Bpk. Mutawalli. atau keluarga Ali Tsani.mohon maaf apabila ada salah..mari sesama muslim sudah seharusnya kita saling menjaga ukhuwah islamiyah..bersama2 memajukan syiar islam dan bukan malah berdebat. wassalam..sekali lagi mohon maaf.

 
Pada 19 Juni 2009 15.11 , Blogger Ibnu_Muhammad mengatakan...

Assalamu'alaikum
Kok nara sumber gus wawi? anda harusnya ambil Kyai Qomari bin Abdurrahman. Itu lebih valid. atau pengasuh pesantren Somalangu. Pada mereka kan ada data yg lebih jelas. Saya udah ketemu gus wawi, kesimpulan dia tidak lebih tau dari Kyai Qomari & KH Habib Daldiri. Dan tdk punya catatan yg lebih otentik. Koreksi mas, Salam.

 
Pada 31 Juli 2009 21.26 , Blogger raffie ananda mengatakan...

salam..maaf baru sempat buka
yang saya ingin anda buka tanya nasab pada gus wawi, tetapi tanyalah riwayat Syekh kahfi sani waktu ngaji di tirip
kalo nasab jelas dia bukan dari zaenal abidin.kami semua keluarga bani zaenal abidin kebumen pun tidak ingin menarik nasab sprti yang anda katakan. hanya wujud kami dengan silsilah yang telah ada sejak dulu bahkan sebelum kita lahir dari catatan nasab bani zaenal abidin. karena saya yakin bahwa Allah telah menciptakan semua Mahluk dengan sesempurna mungkin dan tiada cela. bahkan jika kita berusaha merubah nasab atau menghilangkan yang lain demi kepentingan kduniawi kita adalah sesuatu tindakan yang kufur, sama saja tidak mempercayai kesempurnaanNya dalam mencipta mahluk. sekali lagi silsilah itu sudah ada sejak jaman dahulu sejak kyai Motowalli kauman kecil, sejak eyang buyut saya kecil..tertulis silsilah Bani Zaenal Abidin Banjursari kebumen..kami sepakat untuk menulis dalam ini agar tidak terjadi seperti riwayat MUh. Alim basayban Bulus purworejo yang telah berubah dan akan terlupakan mungkin jika tidak segera ditulis.karena kepentingan2 tertentu.coba anda sekali lagi tanya riwayat mbah kahfi sani waktu mondok di tirip kepada gus wawi...Merubag sejarah dan nasab demi kepentingan duniawi kita sangat besar efek negatifnya bagi kehidupan kita. Allah telah mencipta dengan sebab musabab yang Maha sempurna..yang harus kita jaga terus silaturahminya....salam...
Siapaun itu termasyuk saya sendiri, jika memang berniat untuk merubah nasab.. menghilangkan nasab.. INsyaallah Azab Allah akan kita terima..semoga Allah memaafkan kesalahan- kesalahan kita. selali lagi saya tujuan saya hanya nulis silsilah yang sudah ada dari keluarga Zaenal Abidin....soal ada yang kurang belum ditulis itu sangat mungkin sebab catatan lama, tetapi soal merubah INsyaallah jika saya melalukan atau siapa pun yang melakukan semoga segera Azab Allah datang untuk menyadarkan saya atau siapapun yang melakukan perubahan..menyadarkan bahwa Allah Itu Maha Sempurna dalam segala perbuatan dan Kehendaknya. wassalam. haraopan saya adalah sebuah selaturahmi dalam segala hal..bukti kita berasal dari sumber yang satu.wassalam...

 
Pada 31 Juli 2009 21.28 , Blogger raffie ananda mengatakan...

guw wawi bukan nasab zaenal abidin, jadi jelas tidak punya. tetapi kalau ditanya soal tirip kyai Taslim Basayban jelas dia tahu.juga riwayat tirip dan yang berhubungan dengan Tirip
Maturnuwun.. wassalamualaikum

 
Pada 31 Desember 2010 23.47 , Blogger raffie ananda mengatakan...

Saya Nama manshur Bin Mu’thi Abdul Hayyi, Bin Abd Kafi Tsani, satu dari 4 cucu KH Abd Kafi Tsani yang masih hidup, ingin sedikit urun rembug ngoreksi dan melengkapi Tulisan yang Anda buat sebagai berikut :
1. Saya adalah bungsu dari anak ke “tujuh” dari KH Abd Kafi Tsani yang anda tulis bernama kyai Mukti. Untuk anak ketrunan beliau saya punya data lengkap, dari anak sampai cicitnya
2. Anak Sulung K H Abd Kafi Tsani, bukan Ny Abdurahman, tetapi KH Abd Rohman. (Laki laki, bukan perempuan)
3. Nyai Siraj (bukan Sirad) punya nama sendiri yaitu
4. Ny Damanhuri (sepuh), namanya adalah Munjiyah. Saya tambahi sepuh karena K Damanhuri punya isteri dua, isteri keduanya dari Prembun bernama Himmah
5. Ny Abdul Mahmud dan Ny Ramli tidak ada, tetapi ada nama Ny Dulah Mukri, bernama Maryam, diantara cucunya adalah Gus Anam Lelerdan ada pula nama Ny Kamil, yg bernama Mustakmilah
6. Ny Sadeli, Namanya adalah Mungiyah IOsteri dari K Ahmad Szadzali, dan saya biasa memanggilnya mbeok Gede Ngabeyan
7. Ada satu nama lagi yg tidak tertulis, yaitu KH Abdurrokhim, beliau tidak punya keturunan, wafat di Arab ketika membantu tentara Syarif Husen melawan pemberontakan dari Ibnu saud. Perlu ditambahkan juga bahwa KH Abdurokhman dengan kh Abdurokhim itu berbeda, KH Abd Rohman juga meninggal di Arab, dalam rangka berangkat haji.
sumber:email masuk

 
Pada 16 Februari 2013 00.54 , Blogger Al-Hikmah Bokoran mengatakan...

JAS MERAH jangan lupakan sejarah (Bung Karno) Itu saja.

 
Pada 20 Juni 2014 04.28 , Blogger Arif Fathurohman mengatakan...

Ada nama buyut saya disini, Abdul Manan bin Abdul kahfi tsani

 
Pada 13 Januari 2015 12.26 , Blogger wiyonggo seto mengatakan...

Sebagai trah As-Syaikh Abdul Kafi Awal
Hanya sedikit yang akan saya ungkap kan
Terus gali sejarah agar anak cucu kita senantiasa bisa berbakti dan meneruskan perjuangan

 
Pada 23 Maret 2015 23.42 , Blogger zamzam mubarok mengatakan...

kalau saya silaturahmi ke kebumen jika ada waktu saya pasti sempatkan ziarah ke makam syech abdul kahfi di komplek pemakaman lemah lanang candi mulyo,saya prihatin setiap ziarah kesana, karna makam terlihat kotor dan berdebu yang menandakan ahli warisnya jarang sekali menziarohi makam leluhurnya. mari para saudaraku yang mengaku masih keturunan syech abdul kahfi sering-sering berziarah ke makam dan mendoakan para leluhur kita yang sudah berjuang menegakkan panji panji islam di negri ini. jangan sampai kita acuh, cuek, bahkan lupa dengan perjuangan beliau, mana mungkin orang lain akan menghormati leluhur kita jika kita sendiri tidak menghormatinya. wassalam...,

 
Pada 16 September 2015 20.46 , Blogger Kaef Al 'Adzhami mengatakan...

assalamualaikum
mohon maaf ,saya sedang mencari nasab syaikh abdul kahfi awal sampai kepada rasulullah..karena untuk mencatat silsilah guru pendiri pondok saya di karang tanjung alian kebumen...mungkin antum tahu ,
dari syaikh abdul kahfi awal sampai kepada rasulullah..
syukran..

 
Pada 21 Januari 2016 19.31 , Blogger raden khasan mukmin mengatakan...

Khasani lahir&wafatnya dibrengkok, samping kemiri purworejo , beliau adlh kakak kandung dari SUR0NTANI , Khasani dikaruniai 5 anak 1.RESYAD/irsyad, beliau adlh ayah dari Abdullah sayuti
Brengkok, kemiri
,prwj.
2.ROKHIMAH , ibu dari kasbolah/satari brengkok 3.JAMAL , dsn ringintelu, bangorejo banyuwangi
4.AS'AD/SENGAT , Cangaan Genteng Banyuwangi 5.Abdullah Umar , wonosari , kemiri , prwj . Barangkali ada diantara saudara yg tau silsilah mbah khasani dimohon hubungi di emael asnawielasad@gmail.com atau call /sms di 085234362223/085854427733

 
Pada 1 April 2016 20.56 , Blogger Blog Zombie mengatakan...

Agen QnC Jelly Gamat
Obat Bisul Di Pantat Anak
Obat Bisul Di Kepala Anak
Obat Bisul Di Paha Anak
Obat Penghilang Bisul
Obat Untuk Borok Di Kaki
Obat Pengering Luka Borok
Obat Pengering Luka Borok
Obat Borok Pada Anak
Obat Memar Di Kepala Anak
Obat Benjolan Di Pangkal Lidah
Kantor QnC Jelly Gamat
Obat Sering Kencing Di Pagi Hari
Obat Sembelit Pada Bayi Dan Anak
Obat Gusi Bengkak Dan Bernanah Anak
Obat Pemulihan Pasca Kuret
Obat Radang Usus Buntu Anak
Obat Polip Gusi
Obat Bisul Di Payudara Ibu Menyusui
Obat Bisul Di Kepala Anak
Obat Pemulihan Pasca Oprasi
Obat Pemulihan Pasca Kuret
Obat Luka Robek Pada Lambung
Obat Penyakit Paru Paru Anak
Obat Bronkitis Anak
Obat Pemulihan Tipes

 
Pada 4 Oktober 2016 21.40 , Blogger Abdillah Bawazir mengatakan...

"Sesungguhnya yang paling baik diatara kalian adalah yang bertaqwa"....bukan dilihat dari keturunan.

 
Pada 4 Oktober 2016 21.40 , Blogger Abdillah Bawazir mengatakan...

"Sesungguhnya yang paling baik diatara kalian adalah yang bertaqwa"....bukan dilihat dari keturunan.

 

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda