Minggu, 11 Januari 2009

Isa telah Wafat ( setapak menuju sufi ) oleh sayyid Muh. Raffie Ananda

TERNYATA ISA TELAH WAFAT
oleh Ravie Ananda

Perbedaan faham tentang nabi Isa yang menurut Umat Kristiani telah wafat dan disalib dan yang menurut umat Islam belum wafat melainkan dinaikkan ke langit dan akan turun kembali besok saat kiyamat dan akan melawan Dajjal terkadang membuat sebagian orang bertanya - tanya, manakah yang benar. Sebagai umat islam sendiri pun kadang muncul pertanyaan mengapa hal yang begitu penting itu tidak terdapat dalam ayat Al Quran? Hanya dijumpai dalam kita - kitab karya manusia yang telah terlanjur mendarah daging dalam keyakinan segolongan umat Islam. Bagaimanakah sesungguhnya Isa menurut Al Quran , kitab yang wajib kita imani tersebut?

An Nisa'
157. Dan kerena perkataan mereka : sesungguhnya kami telah membunuh Al Masih , Isa anak Maryam, seorang rasul Allah. Padahal bukanlah mereka membunuhnya dan bukan pula menyalibnya, melainkan orang yang serupa dengan dia. Sesungguhnya orang - orang yang bersalah - salahan tentang Isa itu dalam keraguan, bukanlah dengan pengetahuan melainkan menurut dugaan saja: dan tidaklah mereka itu membunuh Isa dengan Yakin.

Ayat di atas menerangkan bahwa memang bukanlah Isa yang disalib dan dibunuh, bahkan mereka orang - orang yang menyalibnya pun sebenarnya ragu, dan sebenarnya yang disalib itu adalah orang yang diserupakan Allah dengan Isa.

Al Imran
55. ( Ingatlah ) ketika Allah berkata : Ya Isa sesungguhnya aku wafatkan engkau dan meninggikan ( derajat ) engkau kepadaKu dan menyucikan engkau dari orang - orang kafir dan menjadikan orang - orang yang mengikut engkau di atas dari mereka yang kafir sampai hari kiyamat. Kemudian tempat kembali kamu kepada Ku, lalu aku hukum antara kamu tentang apa - apa yang kamu perselisihkan.
Ayat di atas jelas sekali menyebutkan bahwa Isa diwafatkan Allah ( Isa telah wafat ) dan kemudian ditinggikan derajatnya bukannya belum wafat dan dinaikkan Allah beserta Raganya. Nabi Muhammad saja yang menjadi nabi penutup dan pemimpin para nabi berisra' hanya denga Ruhnya.

Alangkah ironis jika kita sebagai umat Muhammad yang kita tunggu dan idam - idamkan adalah turunnya nabi Isa saat kiyamat untuk mengalahkan Dajjal, di mana Isa bukanlah nabi pembawa wahyu Islam. Prihatinnya lagi jika kita terlanjur mengimani kitab - kitab karya manusia tanpa menyaringnya dengan kitab Allah Al Quran, apalagi sampai mendarah daging dalam keyakina kita.
Meskipun kitab - kitab tersebut menyebutkan dasar hadist nya, akan tetapi jika bertentangan dengan Al Quran pastilah tidak benar, karena Nabi Adalah Manusia yang Maksum dan sangat patuh terhadap Al Quran, tidak mungkin beliau Muhammad saw akan mengeluarkan sabda - sabda yang berlawanan dengan Quran.

Al Maidah
117. Tiadalah kukatakan kepada mereka , melainkan apa - apa yang Engkau perintahkan kepadaku yaitu ; Sembahlah Allah, tuhanku dan Tuhanmu dan aku menjadi saksi atas mereka selama aku hidup bersama mereka. Tatkala Engkau mewafatkanku, Engkaulah mengawas mereka. Engkau menjadi saksi atas tiap - tiap sesuatu.

Ayat di atas jelas menerangkan bahwa Isa memang telah wafat, sebagai manusia yang harus terkena sunatullah yakni mengalami hidup, senang , sedih, sakit dan mati. Nabi Muhammad saw saja mengalaminya. Bukti Bahwa Allah maha Suci, Maha Adil. Semua nabi wafat. Bahkan tiada lagi nabi setelah Muhammad yang berarti jika sampai sekatang nabi Isa belum wafat, akan menggugurkan kalimat tersebut, karena ada nabi Isa yang belum wafat, berarti masih ada nabi sampai sekarang.

Kiranya belum terlambat bagi kita untuk mengkaji Al Quran lebih dalam daripada mengkaji kitab - kitab karya manusia yang jelas tidak terbebas dari kesalahan, apalagi Rukun iman yang ke tiga adalah iman kepada kitab - kitab Allah bukan iman kepada kitab - kitab karya manusia. Semoga Allah mengampuni kita semua.
Subhanallah...
wassalam
Ravie Ananda

3 Komentar:

Pada 23 Maret 2009 22.57 , Blogger Raden Arfan mengatakan...

Assalamualaikum Wr. Wb.

mas silsilah sayid yang melalui garis laki2 hingga rosulullah bisa ditampilkan?

 
Pada 15 April 2009 01.08 , Blogger raffie ananda mengatakan...

waalaikum salam
maksud anda??
kalo sampe rosulluloh kalo semua laki laki kayaknya tidak mungkin mas
lha wong smua habib dan sayyid itu bahkan hasan dan husein cucu nabi itu saja turun dari fatimah mas.justru yang turun smua laki2 kayaknya patut dipertanyakan...yang turun rosul kan Fatimah mas bukan Ali

 
Pada 24 Agustus 2010 01.03 , Blogger raffie ananda mengatakan...

hanya habib yang kurang cermat yang menafikkan nasab perempuan, sebab jika habib menafikkan nasab perempuan sama saja melemahkan dirinya sendiri. nabi kita Muhammad saw dan putra beliau adalah fatimah.
ali bukan putra nabi saw dan abitolib bukanlah nabi.

 

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda